Memahami struktur MVC Framework

alfa6661
- May 03, 2012
0 (0 votes)
Rate :
Memahami struktur MVC Framework

Arsitektur MVC (Model View Controller) bertujuan untuk memisahkan logika bisnis dari pertimbangan antar muka pengguna agar para pengembang bisa lebih mudah mengubah setiap bagian tanpa mempengaruhi yang lain.

Arsitektur MVC banyak dipakai dalam pembuatan aplikasi skala besar dan mempunyai tingkat kompleksitas tinggi. Dengan arsitektur MVC, aplikasi akan lebih mudah dikelolola daripada aplikasi prosedural.

Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.

Model

Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain. Model paling mudah dimengerti sebagai data, yakni data yang digunakan dan dimanipulasi. Model sering terkait dengan tabel database di mana satu model merepresentasikan satu baris data dari sebuah tabel.

View

View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa di katakan berupa halaman web. Lebih mudahnya jika diambil dalam konteks pengembangan web view itu berisi kode kode HTML.

Controller

Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Sebuah controller merepresentasikan action, atau aksi (action) : yaitu hal-hal yang dilakukan dengan model dan hal-hal yang dilakukan dengan view.

MVC

Image from : http://www.yiiframework.com/wiki/250/yii-for-beginners

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article