Routing pada Laravel 5.2

alfa6661
- July 06, 2016
0 (0 votes)
Rate :
Mengenal routing pada laravel 5.2

Router merupakan bagian yang sangat penting untuk menangani request aplikasi kemudian mengarahkan aplikasi untuk memanggil halaman / resource tertentu. Dengan kata lain router ini bekerja menerima lalu meneruskan request.

Routes pada laravel 5.2 dideklarasikan pada file app\Http\routes.php. Semua routes pada aplikasi harus dideklarasikan pada file ini.

Daftar Routes

Untuk melihat daftar routes yang sudah dideklarasikan, selain dengan membuka filter tersebut, kita dapat melihat daftar routes yang terdapat pada aplikasi dengan menggunakan perintah artisan pada command line:

php artisan route:list

Basic Route

Route::get('/', function () {
    return view('welcome');
});  

Tanda slash (/) pada kode diatas artinya kita berada pada halaman utama atau index. Dan yang ada didalam blok return view memanggil langsung ke view blade yang bernama 'welcome' tanpa memproses nya ke Controller terlebih dahulu.

File welcome tersebut bisa kita lihat pada folder resources/views/welcome.blade.php

Route Parameter

Terkadang kita akan perlu untuk menangkap segmen URL dalam route pada aplikasi kita. Misalnya, kita mungkin perlu untuk menerima ID pengguna melalui URL. Kita dapat melakukannya dengan mendefinisikan parameter dengan route:

Route::get('/test/{id}', function($id) {
	return "IDnya adalah {$id}";
});

Note:

Parameter route selalu terbungkus dalam "curly" braces "{}".

Optional Parameters

Terkadang kita mungkin perlu menentukan parameter route, tetapi parameter ini bersifat opsional. Kita dapat melakukannya dengan menempatkan "?" setelah nama parameter.

Route::get('user/{name?}', function ($name = 'John') {
    return $name;
});

To Be Continued

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article