Sketsa Prototype

alfa6661
- December 20, 2011
0 (0 votes)
Rate :
Sketsa Prototype

Sketsa sangat penting untuk low-fidelity prototipe. Dalam sketsa kita di haruskan untuk tidak takut dengan kemampuan menggambar kita. Sketsa menampilkan "tampilan" cepat dari interface, konsep desain, dll. Sketsa juga penting untuk pengetahuan user akan apa yang dia lihat jelas dalam apa-apa yang terdapat dalam sistem tersebut. Dengan kata lain sketsa merupakan gambar dasar sebelum di implementasikan kedalam bentuk nyata

Sketsa, Mock-ups

  1. Mockups, istilah yang tidak asing bagi para designer, mockups sendiri atau yang sering diartikan prototype sangat diperlukan untuk demonstrasi produk awal sebelum menjadi produk jadi yang nantinya akan dipasarkan ke publik.
  2. Mockups biasanya di pergunakan oleh para designer untuk memulai suatu coretan-coretan dalam menyusun sebuah halaman web baik web pribadi maupun web perusahaan, lalu bisa juga dipakai untuk menyusun halaman dari web aplikasi, desktop aplikasi, atau ke arah yang lebih spesifik yaitu aplikasi smartphone seperti iphone
  3. Paper-Based menggambarkan interface.
  4. Baik untuk mengungkapkan pendapat.
  5. Difokuskan pada orang dengan desain tingkat tinggi.
  6. Tidak terlalu baik untuk menggambarkan alur dan rinciannya. Murah dan cepat

Storyboard

Storyboard Storyboard adalah adalah lembaran lembaran kertas kertas yang yang berisi berisi contoh contoh tampilan tampilan antarmuka antarmuka pengguna pengguna, , dengan dengan setiap setiap antarmuka antarmuka layar layar diperlihatkan diperlihatkan pada pada lembar lembar kertas kertas yang yang berbeda berbeda.

Suatu Suatu storyboard storyboard akan akan terdiri terdiri dari dari tampilan tampilan layar layar yang yang menggambarkan menggambarkan fitur fitur sistem sistem seperti seperti menu, menu, kotak kotak dialog dialog dan dan window.

Setiap halaman halaman terdapat terdapat keterangan keterangan sehingga sehingga pengguna pengguna dapat dapat menjelajah ke ke seluruh seluruh aplikasi aplikasi.

Formasi Formasi dari dari representasi representasi layar layar kedalam kedalam suatu suatu runtun runtun membawa membawa pada pada informasi informasi lebih lebih lanjut lanjut tentang tentang pelihan pelihan struktur struktur, , fungsionalitas fungsionalitas dan dan navigasi navigasi yang yang tersedia tersedia dalam dalam sistem system

Digunakan di awal desain, biasanya digunakan dengan skenario, lebih terinci, dan dapat diputar ulang. Kumpulan dari sketsa/frame bersifat individual juga menyajikan urutan inti cerita. Storyboard juga menunjukan bagaimana kemungkinana user dapat mengalami peningkatan melalui setiap aktifitas.

Kapan digunakan?

  1. Storyboard Storyboard dapat dapat diperlihatkan diperlihatkan pada pada teman teman satu satu tim tim atau atau pengguna pengguna potensial potensial, sehingga sehingga orang orang lain lain dapat dapat melihat melihat visualisasi visualisasi dan dan komposisi komposisi dari dari antarmuka antarmuka yang yang diharapkan diharapkan, serta serta memberikan memberikan kritik kritik.
  2. Storyboard Storyboard dapat dapat digunakan digunakan pada pada awal awal siklus siklus perancangan perancangan yang yang dapat dapat mendukung mendukung eksplorasi eksplorasi kemungkinan kemungkinan perancangan perancangan dan dan verifikasi verifikasi awal awal dari dari kebutuhan kebutuhan pengguna pengguna. yang yang diharapkan diharapkan.

Paper prototyping

Teknik Teknik ini ini memanfaatkan memanfaatkan materi materi dan peralatan peralatan sederhana sederhana ( (kertas kertas dan dan pensil pensil) ) untuk untuk membuat membuat antarmuka antarmuka sistem sistem pada pada kertas kertas.

Model Model prototipe prototipe ini ini merupakan merupakan salah salah satu satu cara cara yang yang efektif efektif dan dan berguna berguna untuk mengevaluasi mengevaluasi dan dan meng meng- -iterasi iterasi perancangan perancangan sebelum sebelum tim tim memutuskan memutuskan untuk untuk mengimplementasikannya mengimplementasikannya

Elemen Elemen antarmuka antarmuka seperti seperti menu, window, menu, window, dialog dialog dan dan icon icon dapat dapat dibuat dibuat sketsanya sketsanya pada pada kertas kertas.

Kapan digunakan ?

  1. Dapat Dapat dikerjakan dikerjakan saat saat tim tim perancang perancang duduk duduk bersama bersama sambil sambil mendengarkan mendengarkan tanggapan tanggapan pengguna pengguna. .
  2. Pengguna Pengguna dapat dapat membuat membuat pilihan pilihan dan danmengubah mengubah atau atau memberi memberi catatan catatan pada pada elemen elemen antarmuka antarmuka serta serta menyatakan menyatakan pikiran pikiran serta serta impresinya impresinya. .
  3. Anggota Anggota yang lain yang lain dapat dapat memberi memberi catatan catatan yang yang diperlukan diperlukan dengan dengan mudah

Wizard-of-oz

Wizard-of-oz berbentukan tampilan maket dan berinteraksi dengan pemakai, baik untuk mensimulasikan sistem yang sulit dibuat. Maket juga adalah suatu bentuk komunikasi kepada user dalam suatu bentuk bangunan yang akan di realisasikan nantinya. Jadi user dapat melihat bentuk awal sebelum melihat bentuk jadi nya nanti.

'

Referensi :

  1. http://zheira83.files.wordpress.com/2009/04/prototipe.ppt

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article