Yii 2 - Menggunakan google reCaptcha

alfa6661
- December 21, 2015
0 (0 votes)
Rate :
Cara menggunakan google reCaptcha pada Yii2 Framework

Captcha (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart) adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. (Wikipedia)

Sebelum ada CAPTCHA, spammer/hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalahgunakan.

Salah satu layanan CAPTCHA yang sangat bagus adalah reCAPTCHA yang berada dalam pengelolaan salah satu raksasa internet Google. reCAPTCHA mampu memberikan tantangan CAPTCHA yang kompleks namun tetap mudah diselesaikan pengguna biasa. Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah pemasangan reCAPTCHA pada Yii 2 Framework.

Setting reCAPTCHA

Pertama-tama kita harus memiliki 2 key yang diperlukan untuk mengimplementasikan reCAPTCHA pada aplikasi kita. Key tersebut adalah site key dan secret key. Untuk mendapatkannya, kita harus mendaftarkan website kita pada halaman google reCAPTCHA.

  1. Login ke akun google anda, lalu masuk ke halaman google reCAPCTHA
  2. Selanjutnya pada form Register a new site, isikan sesuai dengan domain anda. atau gunakan localhost agar bisa running di lokal.
  3. Klik Register
  4. Selanjutnya kita akan di arahkan ke halaman setup dimana kita bisa mendapatkan kedua key yang diperlukan (site key dan secret key). Kedua key ini nantinya akan di gunakan pada kode kita.

Install Yii2 reCAPTCHA

Langkah pertama, tambahkan kode berikut ini pada composer.json

"himiklab/yii2-recaptcha-widget" : "*"

Lalu jalankan perintah composer update.

Selanjutnya tambahkan ReCaptchaValidator pada model. Ganti secret key sesuai dengan yang anda dapatkan pada konfigurasi sebelumnya.

public function rules()
{
  return [
      // ...
      [['verifyCode'], \himiklab\yii2\recaptcha\ReCaptchaValidator::className(), 'secret' => 'your secret key']
  ];
}

Kemudian pada view, gunakan widget reCAPTCHA pada form.

<?= $form->field($model, 'verifyCode')->widget(
    \himiklab\yii2\recaptcha\ReCaptcha::className(),
    ['siteKey' => 'your siteKey']
) ?>

Hasil

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article