Membuat git alias

alfa6661
- June 14, 2015
0 (0 votes)
Rate :
Membuat alias / shortcut untuk perintah perintah git

Jika kita tidak ingin mengetikkan seluruh text dari setiap perintah Git, Kita dapat dengan mudah mengatur alias untuk setiap perintah menggunakan git config. Hal ini tentunya dapat mempercepat dan mempermudah kita dalam pemanggilan perintah perintah git. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan konfigurasi git, Berikut adalah beberapa contoh yang bisa digunakan :

$ git config --global alias.co checkout
$ git config --global alias.br branch
$ git config --global alias.com commit
$ git config --global alias.st status

Perintah di atas akan mempersingkat penggunaan perintah checkout, branch, commit dan status. Sebagai contoh ketika kita akan menggunakan perintah git status, kita hanya perlu mengetikkan git st.

Contoh lain, kita bisa mempersingkat perintah untuk melihat commit terakhir dari project kita. Secara default untuk melihat commit terakhir kita bisa menggunakan perintah :

$ git log -1 HEAD

Misalnya kita akan membuat alias untuk perintah diatas dengan perintah git last. Untuk mempersingkatnya kita bisa membuat alias dengan perintah berikut ini :

$ git config --global alias.last 'log -1 HEAD'

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article