Install composer

alfa6661
- June 10, 2015
0 (0 votes)
Rate :
Cara install dan penggunaan composer

Composer adalah dependency manager khusus PHP yang memiliki fungsionalitas seperti Gem (Ruby) atau Maven (Java). Kita bisa menginstall suatu library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt get install di sistem operasi linux.

Konsep dari Composer ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Bahkan, composer sendiri terinspirasi dari npm pada node.js dan bundler pada bahasa pemrograman Ruby. Dengan menggunakan Composer, kita akan dengan mudah memanage dependency (libraries) yang diperlukan aplikasi dari mulai download, pengaturan, autoload hingga update dependency dengan mudah dilakukan dengan tools ini.

Install Composer

Pengguna Windows bisa langsung download Installer Composer dan jalankan proses instalasi hingga selesai.

Untuk pengguna Linux dan Mac jalankan perintah berikut:

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php
mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Menggunakan Composer

Cara menggunakan composer sangatlah mudah. Kita tinggal membuat sebuah file dengan nama composer.json. File ini menggambarkan dependensi project kita dan mungkin berisi metadata lain juga. Berikut ini merupakan contoh sederhana untuk penulisan format jsonnya.

{
    "require": {
        "monolog/monolog": "1.0.*"
    }
}

require Key.

require key ini akan memberitahukan ke composer, paket apa saja yang di perlukan untuk project kita. Pada require key ini terdiri dari nama paket (monolog/monolog) dan versi paket (1.0.*) yang digunakan.

Install Dependency

Setelah paket paket yang kita butuhkan di definisikan pada file composer.json, langkah selanjutnya adalah menginstall dependency paket yang dibutuhkan. Untuk install dependency paket, jalankan perintah :

composer install
     atau
composer update

Setelah menginstal dependency, Komposer menulis daftar versi yang di install ke dalam sebuah file composer.lock.

Packagist

Untuk mendapatkan paket paket yang bisa digunakan composer, ada satu website yang merupakan repositori komposer yaitu packagist. Kita bisa mencari paket yang dibutuhkan disana.

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article