Berkenalan dengan Ruby On Rails

alfa6661
- September 26, 2013
0 (0 votes)
Rate :
Berkenalan dengan Ruby On Rails

Ruby On Rails?

Pertama kali mengenal Ruby On Rails adalah ketika bergabung di PT Walden Global Service (WGS) salah satu perusahaan software & jasa IT berbasis di Bandung, Indonesia yang pada awal berdirinya berfokus pada platform teknologi Ruby on Rails (tempat saya mencari nafkah saat ini).

Ruby On Rails (ROR) adalah framework untuk pembuatan aplikasi web yang ditulis dengan bahasa pemrograman Ruby. Rails menggunakan pendekatan Model View Controller (MVC), sehingga memudahkan programmer dalam melakukan manajemen code.

Rails mendukung beberapa prinsip pengembangan perangkat lunak yang membuatnya dapat terus bertahan diantara framework pengembangan web lainnya. Dengan adanya prinsip-prinsip ini maka Ruby on Rails dapat mengurangi waktu dan usaha yang digunakan oleh pengembang dalam membangun aplikasi web yang kompleks.

Filosofi Rails

  1. DRY "Don't Repeat Yourself".

    Tidak melakukan penulisan kode yang sama berulang kali. Dengan kata lain efisiensi dalam manajemen code

  2. Convention Over Configuration.

    Rails mengasumsikan sejumlah cara default yang harus dilakukan oleh seseorang ketika membangun aplikasi web sederhana. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan konfigurasi yang berlebihan dan digantikan dengan adanya konvensi standar. Contoh konvensi ini salah satunya adalah penamaan item-item yang berkaitan dengan database dan proses-proses yang melibatkan controller menemukan model dan view yang berkaitan.

Kedua konsep di ataslah yang menyebabkan RoR menjadi framework yang meningkatkan produktivitas pengembang dan mempercepat waktu pembuatan aplikasi web.

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article