Mengenal GIT

alfa6661
- February 03, 2013
0 (0 votes)
Rate :
Artikel ini membahas pengertian dan apa itu git? kenapa menggunakan git?

Sebagai seorang pengembang perangkat lunak, tentu anda punya pengalaman pahit saat salah menghapus baris pada skrip, atau malas melakukan penambahan fitur karena takut akan merusak seluruh aplikasi? Pernahkah anda lupa dengan perubahan kode yang anda lakukan? Dan pada semua kejadian tersebut, anda tidak punya backup, atau cukup malas untuk menulis ulang alur pemrograman.

Katakanlah anda memiliki backup dari project yang anda kerjakan. Anda selalu membuat backup project dengan menyalin berkas-berkas dari project tersebut dengan tanggal? tapi ingatkah anda dengan perubahan A berada pada direktori backup yang mana?

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Version Control. Dalam hal ini yang akan di bahas adalah git. Git inilah yang akan mengatasi permasalahan-permasalahan yang saya sebutkan di atas.

Pernahkah Menggunakan Version Control?

Version control adalah sebuah sistem yang mencatat setiap perubahan terhadap sebuah berkas atau kumpulan berkas sehingga pada suatu saat anda dapat kembali kepada salah satu versi dari berkas tersebut.

Kenapa Version Control penting?

Seperti d katakan sebelumnya, seorang pengembang melakukan backup terhadap project yang sedang di kerjakan dengan menyalin berkas-berkas ke dalam beberapa direktori. Begitu pun dengan saya. Sebelum mengenal git, saya selalu membuat backup dengan menyalin berkas-berkas dari project yang di kerjakan ke dalam beberapa direktori. Sebagai contoh :

  1. Project A - 21-04-2012
  2. Project A - 21-04-2013

Metode seperti ini sangat umum karena sangat sederhana, namun cenderung rawan terhadap kesalahan. Anda akan sangat mudah lupa dimana direktori anda sedang berada, selain itu dapat pula terjadi ketidak sengajaan penulisan pada berkas yang salah atau menyalin pada berkas yang bukan anda maksudkan.

Permasalahan lain dari metode 'menyalin' ini adalah ketika anda bekerja bersama tim. Ketika terjadi perubahan yang dilakukan oleh developer lain. Bagaimana kita mendapatkan perubahan yang dilakukannya? Hal yang umum akan dilakukan adalah meminta file file yang di rubah oleh developer tersebut. Bagaimana jika dia lupa? Anda akan menimpa semua file yang ada pada direktori project anda? bagaimana dengan perubahan yang anda lakukan?

Bagaimana git mengatasi permasalahan diatas?

Sistem Git akan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada source code kita sehingga memungkinkan untuk mengambil kembali source code lama jika suatu saat kita ingin kembali ke versi berapapun dari aplikasi yang pernah kita tulis. Anda pun dapat dengan mudah mengambil perubahan-perubahan yang dilakukan oleh anggota tim yang lain.

Setelah kita bekerja beberapa kali memperbaiki atau menambahkan fitur pada source code kita sampai beberapa versi pun kita akan selalu bisa untuk kembali ke versi lama yang keberapapun begitu juga sebaliknya.

to be continued ...

Computer science education cannot make anybody an expert programmer any more than studying brushes and pigment can make somebody an expert painter

– Eric S. Raymond

Have a better explanation?

If you have comments about this post. Please write your comments below

No comments associated with this article